" target=" blank">

 

Tuesday, December 27, 2011

Kasus Susu Tercemar Bikin Warga China Marah

0 comments
MERATAPMU | Warga China mengritik keras minimnya standar keamanan yang diterapkan perusahaan-perusahaan makanan di negara itu, menyusul skandal terbaru tercemarnya produk susu oleh zat pemicu kanker.  Kecaman masyarakat tersebut tampak mendominasi situs-situs mikroblog di Negeri Tirai Bambu itu pada Selasa (27/12/2011).

Warga sangat berang setelah hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa produk  susu keluaran Mengniu Dairy Co., perusahaan susu terbesar di China, tercemar  aflatoxin M1, sejenis zat kimia yang dapat menyebabkan kanker hati. Pengujian dilakukan oleh lembaga Administrasi Supervisi Kualitas dalam suatu inspeksi di seluruh kawasan negara itu pada Sabtu (24/12/2011) lalu.

Komentar-komentar pedas pun disampaikan warga di media sosial, mulai dari kritik tentang buruknya manajemen perusahaan-perusahaan makanan China hingga ancaman akan boikot Mengniu dan beralih ke produk luar negeri.

"Bisnis di China dihancurkan oleh para pengusaha China sendiri," ungkap salah satu warga dalam Sina Weibo, situs mikroblog serupa Twitter.

"Jangan salahkan kami bila membeli barang-barang luar negeri," sahut warga lain.

"Jika kami punya bayi suatu hari nanti, saya juga akan membeli susu dari luar negeri ," ungkap salah seorang warga lain.

"Ayo kita boikot Mengniu bersama-sama, tunjukkan kekuatan kita pada pengusaha yang tak tahu malu," tulis warga lain dalam situs tersebut.

Skandal keamanan makanan telah mengguncang industri susu China sejak 2008. Ketika itu cemaran melamin mengakibatkan setidaknya enam bayi mengalami batu ginjal dan kasus gangguan saluran urin pada ratusan bayi lainnya.

Kantor Berita Xinhua melaporkan, kontaminasi aflatoxin M1 pada susu produksi Mengniu berasal dari pakan yang dikonsumsi sapi.  Mengniu Dairy Co dalam pernyataan resminya mengklaim bahwa produk susu yang tercemar tersebut belum sempat dilepas ke pasar dan tersimpan di gudang pascainspeksi. Susu yang tercemar itu kini telah dimusnahkan sebagai bentuk komitmen kepada konsumen akan keamanan produk. Sumber : Tempo

0 comments:

Post a Comment

 
News PERGAULAN. COM © 2011 Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Counter Powered by  Counter4me.com
seo keywords