" target=" blank">

 

Monday, December 19, 2011

Makam Delapan Pahlawan Syuhada

0 comments
MERATAPMU | Makam syuhada ini terdapat disebelah kiri bahu jalan, jika kita berada dari arah timur (Medan) menuju Banda Aceh, tepat disebelah kanan dan juga berhadapan dengan makam syudaha tersebut juga terdapat mushalla dengan nama yang sama. Karena posisi inilah sering kali orang-orang yang melintas dengan kendaraan pribadi singgah sejenak, untuk shalat atau pun menikmati air tebu yang ada.

Areal makam syuhada ini sudah dipugar, layaknya sebuah kamar dengan ukuran kira-kira 4m x 4m. Selain itu juga terdapat tempat mushalla kecil dibelangkanya serta tempat wudhu bagi orang-orang yang ingin menunaikan shalat sunat. Makam ini sudah lama dikenal orang-orang setempat bahkan masyarakat Aceh karena letaknya yang begitu strategis.

Dibagian depan makam ini terdapat juga celengan besar dari besi yang sengaja dibuat oleh warga sebagai tempat sedekah dan amal, hasil dari celengan itu biasa sering dipergunakan untuk membiayai kegiatan-kegiatan makam seperti perawatan, pembersihan dan lain-lainnya sebagainya.

Makam syuhada ini memang banyak menyimpang sejarah saat Belanda menjajah ke tanah Seuramo Mekkah, di depan makam kita bisa menemukan nama-nama para syuhada dan keterangan singkat dalam bentuk ukiran kayu yang diberi lapisan kaca, tulisan tersebut juga tidak luput untuk kami abadikan sebagai bahan dokumentasi.

Dibagian ukiran kayu tersebut tertuliskan dengan “Makam Delapan Pahlawan Syuhada”, berikut nama-namanya: 1. Tgk. Panglima Prang Rajeuk Djurong Bindje 2. Tgk. Muda Len Mamplang 3. Tgk. Njak Bale Ishak Blang Mane 4. Tgk. Meureude Tambue 5. Tgk. Bale Tambue 6. Apa Sjech Lantjok Mamplam 7. Muhammad Sabi Blang Mane 8. Njak Ben Matang Salem Blang Teumuelek

Dibagian bawah nama-nama tersebut tercantum sebuah tulisan singkat yang berisi “Pada awal tahun 1902, memusnahkan sepasukan patroli serdadu marsose Belanda sebanyak 24 orang. Dikala 8 orang pahlawan ini sedang mengumpulkan senjata serdadu yang korban, tiba-tiba di serang oleh sepasukan Belanda lainnya yang datang memberi bantuan dari jurusan Jeunieb, kedelapan pahlawan tersebut syahid semuanya sebagai bunga bangsa di tempat.”
Dari berbagai sumber : Antara-Aceh

0 comments:

Post a Comment

 
News PERGAULAN. COM © 2011 Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Counter Powered by  Counter4me.com
seo keywords