" target=" blank">

 

Sunday, December 25, 2011

Trend Honda CR-V 2012 Terlalu Konservatif

0 comments
MERATAPMU | Sudah bukan berita baru jika Honda CR-V begitu populer. Bahkan di Amerika mobil ini dinobatkan sebagai best-selling SUV/crossover. Bayangkan saja, tahun lalu Honda terjual hampir 204.000 unit, mengalahkan Chevrolet Malibu. Tak ingin terlalu lama dengan versi yang lama, Honda baru-baru ini merilis CR-V 2012.

Namun, bukan berarti Honda tanpa perhitungan. Karena, betapapun setiap pabrikan mobil harus tetap hati-hati dalam mengubah sebuah produk yang sangat populer. CR-V telah membangun loyalitas para pembeli 'ulang'-nya. Agaknya Honda mewaspadai hal itu sehingga konservatif dalam mendesain ulang CR-V. Dan hasilnya, sebagian besar sama dengan generasi sebelumnya, tapi 10 persen lebih baik dalam segala hal.

Namun, pihak Honda mengklaim, CR-V 2012 nyata-nyata 65 persen baru dalam hal konten. Ambil misal pengaturan ulang dumper pada suspensi belakang yang membuat suspensinya lebih soft dan smooth. Tapi, pengaturan ulang ini sama sekali tidak mengorbankan handling, tetap sangat sporty untuk sebuah SUV.

Hal baru lainnya adalah konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis. Ini berkat upaya Honda mengurangi friksi pada semua bagian, mulai dari ring piston hingga kemasan clutch (kopling) transmisi dan termasuk membuat body-nya makin aerodinamis untuk memperkecil koefisien drag.

Para engineer-nya menambahkan banyak hal mulai pada panel-panel aerodinamis sampai pemanas pelumas transmisi yang membuat viskositas-nya lebih rendah, sehingga menjadi ekstra efisien. Juga, bobotnya jadi lebih ringan. Usaha mereka ini bahkan meningkatkan daya sebesar 5 horsepower. Sistem penggeraknya pun mengalami perbaikan. Sistem yang baru power muncul sejak dari awal, dan penyaluran power ke roda depan dan belakang lebih cepat serta pelepasannya lebih smooth.

Selanjutnya, kabin SUV andalan Honda ini lebih senyap ketimbang pendahulunya. Ini berkat adanya isolasi tambahan untuk menahan suara bising dari mesin maupun luar kabin. Dasboard-nya lebih mengedepankan aspek style dibanding fungsi. Dan kendati lebih pendek 10 milimeter dalam hal tinggi dan panjang, kelapangan kabin generasi baru ini tidak terinterupsi.

Bahkan Honda cerdas, terjadi penambahan 42 kubik pada bagasi dan bertambah panjang 127 milimeter dengan melipat jok belakang. Bangku belakangnya mempunyai sistem lipat one-touch, yang menurunkan headrest, bantal jok naik serta keluar, dan melipat sandaran hampir rata. Semua bisa dilakukan hanya dengan menarik tali di bawah bantal kursi atau pegangan di dekat kargo.

Jok belakang ini recline dan menyediakan legroom lebih dari kebanyakan sedan. Untuk membuat kabin lebih nyaman dan menghibur, CR-V baru ini dilengkapi fitur-fitur standar seperti Bluetooth, USB connections, Pandora Internet, three-way reverse camera, dan kemampuan membaca teks SMS (hanya via Blackberry) yang mengubahnya menjadi suara lewat stereo speakers.

Kemudian pada bagian apa terjadi perbaikan lebih dari 10 persen? Perubahan ini terjadi pada styling. Bagian dagu CR-V baru sekarang benar-benar sleek, modern dari depan sampai belakang, dilengkapi dengan kaca depan lebih landai. Ada perubahan sangat mencolok lainnya yaitu buritan. Bagian belakang CR-V baru ini tidak lagi cembung keluar, bahkan dibuat cekung ke dalam. Namun, dalam beberapa hal CR-V baru masih terlalu konservatif.

Misalnya, ketika yang lain sudah mengaplikasikan transmisi 6-kecepatan, CR-V baru tidak menggunakannya. Honda malah membuat transmisi lima-kecepatannya lebih panjang demi efisiensi bahan bakar, ini merugikan performa. Mungkin, CR-V 2012 hanya memberi segala pada mereka yang menyukai generasi sebelumnya plus beberapa hal.

SPESIFIKASI
Layout kendaraan : Mesin depan, FWD atau AWD, 5-penumpang, SUV
Mesin                : Mesin 4 silinder 2.4L DOHC/185 - hp/221 Nm 16-valve
Transmisi                 : 5-kecepatan otomatis
Wheelbase        : 2.618 mm
Dimensi (PxLxT)      : 4.529 mm x 1.818 mm x 1.643 mm
Harga                : US$23.000 (perkiraan)

Sumber :  Otosia

0 comments:

Post a Comment

 
News PERGAULAN. COM © 2011 Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Counter Powered by  Counter4me.com
seo keywords