" target=" blank">

 

Monday, December 26, 2011

Telinga Akibat Suara Gaduh Musik Walkman

0 comments
MERATAPMU | Jutaan orang yang melakukan perjalanan setiap hari dengan kendaraan umum (komuter) berisiko mengalami kerusakan telinga karena memasang volume terlalu tinggi pada MP3 player mereka. Di masa lalu tempat kerja yang bising disalahkan sebagai penyebab utama gangguan kesehatan para pekerja. Namun para peneliti dari Michigan University di Amerika menemukan bahwa suara gaduh dari MP3 player telah mengambil alih posisi sebagai penyebab terbesar kerusakan pendengaran.

Para ahli di bidang ini menemukan sembilan dari sepuluh orang yang menggunakan kendaraan umum terekspose oleh kegaduhan akibat mendengarkan musik terlalu keras dari headphone mereka ketimbang dari lingkungan.

Penyebabnya, kata para peneliti, seperti dikutip Daily Mail edisi 23 Desember 2011, murahnya harga headphone menyebabkan tidak bisa pas dipasang di telinga. Para komuter lantas memasang volume yang tinggi demi menghalangi masuknya suara dari luar. Suara nyaring itu juga memicu kemarahan penumpang lain yang ada di dekatnya. 

Profesor Rick Neitzel, yang melakukan penelitian ini, mengatakan, “Sangat mengejutkan bahwa dua dari tiga orang terekspose suara gaduh dari musik.” Neitzel mengungkapkan selama ini dia selalu beranggapan tempat kerja merupakan penyebab utama pemaparan kebisingan. "Temuan ini menunjukkan banyak penyebab kebisingan lain di luar sana,” kata Neitzel. 

Ia menambahkan bahwa, “Berbagai penelitian terkait hal ini menunjukkan bahwa suara bising menyebabkan stres, gangguan tidur, dan penyakit jantung. Kemungkinan justru kebisingan yang kita tidak pernah pedulikan asal mulanya yang memberikan kontribusi nyata bagi problem kesehatan di negara-negara maju saat ini.”
Cara penelitian ini adalah dengan mengevaluasi pemaparan kebisingan di antara 4.500 penduduk New York yang menggunakan kendaraan umum, baik ke tempat kerja maupun ke tempat lain. Mereka juga menggunakan MP3 player selama perjalanan domestik tersebut.

Hasilnya, para ahli menemukan bahwa rata-rata penduduk New York yang menggunakan kendaraan umum menghabiskan waktu sekitar 380 jam untuk naik bus dan kereta api, terekspose kebisingan dengan tingkat rata-rata 72 hingga 81 desibel. Sebagai perbandingan level rata-rata orang berbicara adalah 60 desibel, sedangkan sebuah pojok toko yang sibuk 80 desibel, bayi menangis 115 desibel. “Banyak orang terekspose level yang berbahaya,” ujar Profesor Neitzel. 

Jadi, pilihlah headphone atau ear phone yang kualitasnya bagus dan dengarkan dengan suara secukupnya saja, untuk Anda dengar sendiri saja. Sumber : Tempo

0 comments:

Post a Comment

 
News PERGAULAN. COM © 2011 Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net Counter Powered by  Counter4me.com
seo keywords